GEOGRAFI KELAS XII BAB 4 DAMPAK DAN UPAYA KERJASAMA NEGARA MAJU DAN BERKEMBANG

 

Dampak Positif Pasar Bebas Bagi Indonesia :

  1.     Meningkatkan kualitas dan kuantitas produk dalam negeri. Dengan perdagangan bebas internasional produsen dalam negeri dipaksa terbiasa dengan iklim kompetisi yang keras. Proses imitasi dan inovasi yang berjalan secara simultan dapat meningkatkan kualitas produk dalam negeri. Produktivitas barang juga dapat terus ditingkatkan karena pasar impor sangat berbuka.
  2.     Hambatan perdagangan cenderung berkurang bahkan menjadi tidak ada. Tidak adanya tarif impor, atau bea masuk membuat harga barang yang diperdagangkan secara ekspor lebih murah sehingga nilai persaingannya lebih tinggi.
  3.     Peningkatan ekspor sehingga meningkatkan pendapatan nasional Indonesia.
  4.     Meningkatkan peluang investor yang menanamkan modal dan membangun basis produksi di Indonesia. Adanya investor asing yang melaksanakan usahanya di Indonesia memiliki keuntungan antara lain banyak tenaga kerja terserap, pemerintah mendapatkan penghasilan berupa pajak, juga bahan baku dalam negeri dapat terserap oleh perusahaan asing.
  5.     Menambah devisa negara melalui bea masuk dan biaya lain atas ekspor dan impor.
  6.     Melalui impor, kebutuhan dalam negeri dapat terpenuhi.
  7.     Mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tidak hanya dalam bentuk modal, kerja sama internasional juga dapat dalam bentuk transfer ilmu pengetahuan dan teknologi.
  8.     Menghidupkan sektor pariwisata sehingga menambah jumlah wisatawan ke Indonesia.


Dampak Negatif Pasar Bebas Bagi Indonesia

  1.     Produk dalam negeri mendapatkan tantangan dengan datanya  produk-produk impor, Jika kalah bersaing karena barang-barang luar negeri yang lebih murah dan berkualitas, maka produk dalam negeri dapat kehilangan pembelinya. Dampak lebih besar dalam produsen dalam negeri dapat gulung tikar.
  2.     Eksploitasi sumber daya alam akan semakin besar dengan hadirnya perdagangan bebas, karena sumber daya alam Indonesia akan dipaksa tidak hanya memenuhi kebutuhan dalam negeri saja, tapi juga kebutuhan ekspor. Kerusakan lingkungan yang ditimbulkan juga akan memiliki dampak yang lebih besar.
  3.     Perdagangan besar ditakutkan akan membuat Indonesia mengalami ketergantungan yang lebih besar terhadap negara maju.
  4.     Bila tidak mampu bersaing, akan berdampak pada menurunnya pertumbuhan ekonomi negara karena  lebih besar impor dari pada ekspor yang di keluarkan,
  5.     dan meningkatkan jumlah pengangguran. Dalam perdagangan besar tidak barang dan jasa yang lintas batas negara, tapi juga manusia (tenaga kerja) sebagai faktor produksi. Jika kualitas tenaga kerja Indonesia yang mutunya rendah, dapat saja digantikan dengan tenaga kerja asing yang lebih produktif.
  6.     Tumbuhnya budaya konsumen (konsumerisme), juga merupakan dampak negatif dari perdagangan bebas.