MATERI BAHASA INDONESIA KELAS XII BAB V IDENTIFIKASI TEKS EDITORIAL


 

Identifikasi Teks Editorial

Kompetensi Dasar
3.5 Mengidentifikasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu dalam teks editorial)
4.5 menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial baik secara lisan maupun tulis

Deskripsi Singkat Materi
Kita tentunya sering membaca suatu koran ataupun media online tentang opini atau tajuk rencana, bahkan teks editorial yang menjadi fokus dari koran-koran harian tersebut.


Apa itu teks editorial? Seperti apa contoh teks editorial? Teks editorial merupakan salah satu jenis teks yang akan kita pelajari ketika belajar bahasa Indonesia. Teks ini nantinya akan mengangkat isu sehari-hari yang aktual, fenomenal, dan Faktual.


Suatu isu sosial, politik, kemasyarakatan dan lain-lain yang terjadi di sekitar kita, selalu memiliki hubungan sebab akibat dan memiliki proses. Suatu isu yang terjadi di sekitar kita, tidak hanya untuk kita amati dan rasakan saja, tetapi juga untuk kita pelajari. Sebaiknya isu-isu tersebut yang terjadi di sekitar kita digunakan sebagai pembelajaran. Mengapa dan bagaimana isu tersebut bisa terjadi. 

 

 

Pelajaran Bahasa Indonesia kali ini kalian akan mempelajari tentang mengidentifikasi isi, pendapat, ragam, ragam dan menyimpulkan informasi dalam teks editorial dan menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial baik secara lisan maupun tertulis.

KEGIATAN PEMBELAJARAN 1 Identifikasi Informasi dalam Teks Editorial

 



KEGIATAN PEMBELAJARAN 2 Ragam Informasi sebagai Bahan Teks Editorial



PENILAIAN AKHIR HARIAN