SNBT TAHUN INI , SISWA BOLEH MEMILIH PRODI LINTAS JURUSAN


 

Pada tahun ini Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) memperbolehkan siswa untuk memilih program studi (prodi) lintas jurusan. Artinya, siswa IPA, IPS, Keagamaan dan bahasa boleh mengambil prodi yang tidak bersesuaian dengan asal jurusannya.

Kendati begitu, pihak admisi kampus PTN turut mengingatkan siswa yang akan memilih lintas jurusan.



Namun, perlu di ingat  bagi siswa yang akan memilih lintas jurusan agar sebaiknya sudah menguasai bidang studi atau mata pelajaran pendukung prodi yang dipilih.

 


Untuk melanjutkan studi di program studi tujuan , tentu saja ada mata pelajaran mata pelajaran atau bidang-bidang studi tertentu yang akan menjadi dasar atau persyaratan untuk dapat melanjutkan pendidikan di program studi tersebut.
 

Jadi jangan sampai peserta SNBT memilih program studi yang mata pelajaran pendukungnya tidak dikuasai. 

Misalnya , jika ada siswa IPA yang ingin mengambil prodi IPS seperti Sekolah Bisnis dan Manajemen atau Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB, maka bidang studi atau bidang kajian utama di prodi yang dipilih harus dipahami sebelum siswa IPA melakukan pemilihan program studi.

Kesimpulan 

Pada UTBK SNBT, siswa dapat memilih dua prodi di satu perguruan tinggi negeri (PTN) atau masing-masing satu prodi di dua PTN. Pendaftarannya sendiri ditutup pada Jumat 14 April 2023.

UTBK SNBT gelombang pertama akan dilaksanakan tak lama setelah cuti lebaran 2023, yaitu 8-14 Mei 2023. Sementara, gelombang kedua diselenggarakan 22-28 Mei 2023.